OPAK - RICE FLOUR CRACKERS

Selamat pagi Abah~ selamat pagi emak~ yups sekali denger opak otak gue langsung keingetan sama si Euis dari Keluarga Cemara, oke itu ga penting karena gue disini mau ngebahas tentang opak bukan si Euis atau Abah apalagi Emak.

Jadi Opak adalah jenis makanan ringan yang bentuknya kayak kerupuk dan memiliki tekstur yang sangat renyah, cuman yang ngebedain adalah opak terbuat dari tepung beras ketan sedangkan kerupuk terbuat dari bahan dasar tepung tapioka.
 Opak ketan merupakan makanan khas dari daerah Sukabumi Jawa Barat . Rasanya enak dan gurih. Opak ketan ada dua macam rasa ada rasa asin dan rasa manis. Nah langsung aja gue kasih resepnya nih buat ibu ibu yang mau nyoba bikin opak buat cemilan sambil nonton drama korea pas banget deh, tah ieu tah resep na :


Opak Ketan – Rice Flour Cracker
Bahan :
  • 1 kg tepung beras ketan yang berkualitas baik
  • 2 butir buah kelapa ( kupas kulitnya lalu diparut )
  • gula pasir secukupnya,garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Opak Ketan Khas Sunda :
  1. semua bahan dicampur menjadi satu dalam satu wadah lalu diaduk sampai tercampur rata
  2. bentuk bulat-bulat kecil adonan ukuran sesuai selera lalu dipipihkan
  3. jemur adonan yang sudah dipipihkan dibawah terik matahari sampai benar-benar kering
  4. panggang adonan yang sudah kering diatas bara tunggu sampai matang sambil dibolak balik supaya tidak gosong dan renyah
  5. diamkan opak sampai dingin lalu masukkan kedalam toples
  6. opak ketan khas sunda siap disajikan

nah gimana ? gampang beud kan ? langsung paktekin aja nih di dapur . Jangan lupa dimakannya sambil liatin Lee min ho ya buat ibu ibu nya hehehe, Semoga bermanfaat semoga renyah opaknya(?) byebye biii~

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar