UPACARA ADAT SEREN TAUN

Hola amigo~ kali ini gue mau kasih info untuk upacara adat yang ada di Jawa Barat, ada banyak sebenernya tapi kali ini gue mau ngebahas tentang upacara adat seren taun, let’s  check this out.

(Upacara adat Seren Taun)
Istilah Seren Taun dalam bahasa Sunda berasal dari kata seren artinya menyerahkan dan taun yang berarti tahun. Seren Tahun bermakna serah terima tahun yang lalu ke tahun yang akan datang sebagai penggantinya. Upacara Adat Seren Taun merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas segala karunia hasil pertanian pada tahun ini dan berharap hasil pertanian akan meningkat pada tahun yang akan datang.
 Bilangan 22 pada penanggalan 22 Rayagung dan 22 kwintal padi yang ditumbuk memiliki makna tersendiri nih guys, yaitu berasal dari bilangan 20 dan 2. Padi yang ditumbuk pada puncak acara sebanyak 22 kwintal dengan pembagian 20 kwintal untuk ditumbuk dan dibagikan kembali kepada masyarakat dan 2 kwintal digunakan sebagai benih.
Padi menjadi objek utama upacara adat ini karena padi dianggap sebagai lambang kemakmuran. Padi juga direkatkan dengan berbagai cerita rakyat seperti  Dewi Sri yaitu tokoh yang telah melegenda dan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat agraris Sunda. Dewi Sri dipercaya memberikan kesuburan bagi petani sebagai utusan dari Jabaning Langit yang turun ke bumi.
 Dalam Upacara Adat Seren Taun sendiri akan dituturkan kembali kisah-kisah klasik pantun Sunda yang bercerita tentang perjalanan Dewi Sri. Tari Dewi Sri sendiri merupakan salah satu seni tari spiritual yang di dalamnya tersirat ungkapan rasa hormat dan bhakti kepada Sang Pemberi Hidup melalui gerak dan ekspresi.
 Di upacra adat ini kalian juga bisa mendengar iringan alat musik angklung. Suara angklung yang ditimpali suara gendang bisa menghasilkan harmoni suara yang menakjubkan. Ada juga arak-arakan berbagai hasil panen masyarakat. Seribu kentongan akan menjadi penutup rangkaian upacara adat ini dan diikuti dengan 10 orang rampak kendang.
Keren ya~ pasti seru kalau kita bisa lihat upacara adat ini, eits jangan galau jangan risau upacara adat ini masih sering diadakan di daerah Cigugur Jawa Barat kok guys ;) kalau kalian penasaran dateng aja kesana acaranya terbuka kok . okw deh semoga bermanfaat ya infonya see you later alligator~


Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar: