SENJATA TRADISIONAL JAWA BARAT

Ohayou puu~ kali ini gue akan ngebahas tentang Senjata Tradisional Jawa Barat nih, senjata yang pada masanya digunakan untuk melawan kompeni kompeni Belanda atau bahkan sebelum Belanda itu sendiri datang? Well well langsung aja kita liat info dibawah ini dari pada penasaran.


Senjata khas dan unik dari provinsi Jawa Barat adalah kujang. Kujang mulai dibuat sekitar abad ke-8 atau ke-9. Kujang biasanya terbuat dari besi atau baja. Panjang kujang sekitar 20 cm hingga 25 cm, dan berat kujang bisa mencapai 300 gram.

Selain sebagai senjata, masyarakat Jawa Barat juga  menggunakan kujang juga sebagai alat pertanian, hiasan, maupun cenderamata. Kujang merupakan alat yang melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran. Pada zaman dahulu, kujang digunakan oleh orang-orang tertentu saja, misalnya, raja, prabu anom, golongan pangiwa, penengen, agamawan, serta para putri raja.
Menurut beberapa peneliti, kujang berasal dari kata kudihyang, atau Kudi dan Hyang. Kudi, dalam Bahasa Sunda Kuno berarti senjata yang memiliki kekuatan sakti. Sedangkan Hyang berarti Dewa. Jadi, secara umum kujang dapat berarti senjata yang memiliki kekuatan sakti dari para dewa.

Bagian dari senjata kujang adalah papatuk/congo, yaitu ujung kujang yang menyerupai panah. Ada pula eluk/silih, yaitu lekukan pada bagian punggung. Kemudian tadah, yaitu lengkungan menonjol pada bagian perut, dan mata, yaitu lubang kecil yang ditutupi logam emas dan perak.

Berdasarkan fungsinya, kujang terbagi empat, antara lain:
·         Kujang Pusaka (lambang keagungan dan pelindungan keselamatan)
·         Kujang Pakarang (untuk berperang)
·         Kujang Pangarak (sebagai alat upacara)
·         Kujang Pamangkas (sebagai alat berladang).

Berdasarkan bentuk bilah, kujang terbagi menjadi:
·         Kujang Jago (menyerupai bentuk ayam jantan)
·         Kujang Ciung (menyerupai burung ciung)
·         Kujang Kuntul (menyerupai burung kuntul/bango)
·         Kujang Badak (menyerupai badak)
·         Kujang Naga (menyerupai naga)
·         Kujang Bangkong (menyerupai katak)

Ga cuma itu lho pals ada juga kujang berbentuk wayang kulit dengan tokoh wanita sebagai simbol kesuburan. Unik ya senjata nya ,nah Cuma segitu aja info yang bisa gue kasih di postingan ini , see you later alligator~

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar