KONDISI GEOGRAFIS JAWA BARAT

Hola ! ketemu lagi sama gue, iya gue author baru yang gaje ini hehehe… oke guys kali ini gue balik lagi nih masih pake topic yang sama yaitu Jawa Barat, semoga kalian gak bosen ya. Kali ini gue bakal ngebahas tentang kondisi geografis Jabar. Oke deh langsung aja kali ya, cekidot !


Secara geografis pronvinsi Jawa Barat terletak di antra 5050’-7050’ LS dan 104048’-104048’BT dengan batas-batas wilayah di sebelah utara bertatasan dengan laut jawa bagian barat dan DKI Jakarata, sebelah timur berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, dan selaim itu Jabar juga di antara Samudra Hindia di selatan dan Selat Sunda di barat. Dengan luas wilayah 35.746,26 km.
Dengan letak geografis yang strategis ini merupakan keuntungan bagi Jabar terutama dari segi komunikasi dan perhubungan guys. Kawasan utara merupakan daerah dataran rendah, sedangkan kawasan seletan berbukit-bukit dengan sedikit pantai serta dataran tinggi bergunung-gunung ada dikawasan tengah guys. Selain itu guys Jabar juga memiliki kawasan hutan konservasi, hutan lindung dan hutan produksi yang proporsi nya mencapai 22,10% dari luas Jabar. Curah hujan berkisar sekitar 2000-4000 mm/th dengan tingkat intensitas yang tinggi,memiliki 40 daerah aliran sungai (DAS) dengan debit ait permukaan mencapai 81 miliyar m3/tahun dan air 150 juta m3/tahun.

Ciri utama dari daratan Jabar ini adalah bagian dari busur kepulauan gunung api yang membentang dari ujung utara pulau Sumatra hingga ujung utara pulau Sulawesi. Hal ini lah membuat tahan di Jabar subur guys dan cocok baget buat bercocok tanam. Dan daratannya dapat dibedakan mulai dari sbagian selatan yang berpegunungan curam dengan ketinggian lebih dari 1.500 m diatas permukaan laut, lereng bukit yang landai di tengah denga ketinggian 100 1.500 m dpl, wilayah dataran luas di utara dengan ketinggian 0.10 m dpl san wilayah aliran sungai.Iklim di Jabar dikatakan cukup sejuk nih guys untuk ukuran Negara tropis  dengan suu 90c di puncak gunung pangrango dan 340c di pantai utara.

Secara administrative wilayah Jabar dibagi menjadi 18 kabupaten,9 kota,serta terdiri dari 558 kecamatan, dan 5.778 kelurahan. Pada tahun 2000 provinsi Jawa Barat di mekarkan dengan beedirinya provinsi banten yang berada di bagian barat. . Jumlah penduduk laki-laki di Jabar sebanyak 21.907040 jiwa dan perempuan 21.146.692 jiwa.  Pada tahun 2015 provinsi Jawa Barat di bawah pimpinan Ahmad Heryawan berhasil meraih penghargaan  Anugrah Pangripta Nusantara untuk yang ke lima kali nya.

GUNUNG-GUNUNG DI JAWA BARAT

Nah, setelah kita bahas kondisi geografis JaBar dari aspek kependudukan dan iklim, sekarang kita bahas dari bentuk permukaan bumi nya nih guys, yaitu salah satunya adalah gunung-gunung yang ada di Jawa Barat/ Langsung aja deh gue kasih list nya,


GUNUNG CEREMAI (3.078 mdpl) Aktif
Gunung Ceremai (seringkali secara salah kaprah dinamakan "Ciremai") secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.





GUNUNG PANGRANGO (3.019 mdpl) 
Gunung Pangrango merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Pangrango mempunyai ketinggian setinggi 3.019 meter. Puncaknya dinamakan Mandalawangi. Merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat setelah Ceremai.




GUNUNG GEDE (2.958 mdpl) Aktif
Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 3.000 m.




GUNUNG CIKURAY (2.818 mdpl) Aktif
Adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikurai mempunyai ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung. 




           
GUNUNG PAPANDAYAN (2.665 mdpl) Aktif
Gunung Papandayan adalah gunung api yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.



GUNUNG PATUHA (2.386 mdpl)
Gunung Patuha merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di wilayah Bandung Selatan Provinsi Jawa Barat, Tingginya 2.386 meter. Gunung patuha memiliki kawah yang sangat eksotik, yaitu kawah putih



GUNUNG MALABAR (2.343 mdpl) Aktif
Gunung ini terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung dengan titik tertinggi 2.343 meter di atas permukaan laut. Malabar merupakan salah satu puncak yang dimiliki Pegunungan Malabar. Beberapa puncak yang lain adalah Puncak Mega, Puncak Puntang, dan Puncak Haruman.



GUNUNG GUNTUR (2.249 mdpl) Aktif
Gunung Guntur adalah sebuah gunung yang terdapat di wilayah barat Garut, Jawa Barat, dengan ketinggian 2.249 meter. 




GUNUNG SALAK (2.211 mdpl) Aktif
Gunung Salak merupakan sebuah gunung berapi yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung ini mempunyai beberapa puncak, di antaranya Puncak Salak I dan Salak IITinggi puncak Salak I 2.211 m dan Salak II 2.180 m dpl. Ada satu puncak lagi bernama Puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 m dpl.


GUNUNG BUKIT TUNGGUL (2.208 mdpl) 
Merupakan sebuah gunung yang terdapat di Jawa Barat, Indonesia. Gunung Bukit Tunggul mempunyai ketinggian setinggi 2.208 meter. Gunung ini merupakan salah-satu sisa dari hasil letusan besar Gunung Sunda di Zaman Prasejarah. 



GUNUNG TELAGA BODAS (2.201 mdpl) 
Gunung Telaga Bodas atau Talaga Bodas adalah gunung stratovolcano di bagian selatan Garut, Jawa Barat, Indonesia. Terdapat juga fumarol, kolam lumpur, dan mata air panas di sekitar danau kawah



GUNUNG KANCANA (2.182 mdpl) 
Adalah gunung yang terletak diperbatasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini berada di sebelah timur dari kota Sukabumi.



GUNUNG WAYANG (2.181 mdpl)
Merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Wayang mempunyai ketinggian setinggi 2.181 meter.



GUNUNG GALUNGGUNG (2.167 mdpl) Aktif
Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 KM dari pusat kota Tasikmalaya. 



GUNUNG TANGKUBAN PERAHU (2.084 mdpl) Aktif
Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter.



GUNUNG MASIGIT (2.078 mdpl)
Gunung Masigit merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Masigit mempunyai ketinggian setinggi 2.078 meter.



GUNUNG BURANGRANG (2.057 mdpl) 
Gunung Burangrang merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Burangrang mempunyai ketinggian setinggi 2.057 meter. Gunung ini merupakan salah-satu sisa dari hasil letusan besar Gunung gunungan di Zaman Prasejarah. 



GUNUNG TILU (1.076 MASL) 
Gunung Tilu adalah gunung yang terletak dekat perbatasan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Secara administratif pemerintahan, Gunung Tilu termasuk ke dalam wilayah Desa Jabranti Kecamatan Karangkancana dan Desa Cimara, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan. Gunung Tilu merupakan kelompok pegunungan yang setidaknya mempunyai tiga puncak tertinggi yaitu puncak Sukmana (1.154 m dpl), puncak Gunung Tilu (1.076 m dpl), dan puncak lainnya yang tidak diketahui namanya (1.112 m dpl).


Oke segini dulu informasi yang bisa gue kasih kalian semoga bermanfaat ya. Maaf kalau masih banyak kekurangan atau typo yang masih bertebaran dimana-mana. See soon !!




              
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jawa_Barat

http://brisix52.blogspot.co.id/2014/01/daftar-gunung-gunung-di-jawa-barat.html



Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

  1. Pengakuan tulus dari: Wulandari, kerja diMalaysia

    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada KH.Fhatulla Harun, saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun diMalaysia,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya mbah ini, juga sudah lama mendengar nama besar KH.Fhatulla Harun,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran 4478 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan,angka yg diberi KH.Fhatulla Harun 4478 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar diMalaysia, tidak ada ongkos pulang,terus beliau bantu kasih angka 4478 setelah saya bantu mahar yg dibutuhkan.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan Kemarin, ternyata tembuss….!!!
    dapat BLT 250jt, sekali lagi terima kasih banyak KH.Fhatulla Harun, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat KH.Fhatulla Harun,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik KH.Fhatulla Harun.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    YANG MAU SEPERTI SAYA HUB:KH.Fhatulla Harun DI:085217085317

    ATAU KUNJUNGI SITUS BELIAU KLIK=> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semogah Jadi Pemenang Berikutnya, Aamin . Wassalam.

    BalasHapus
  2. Pengakuan tulus dari: Wulandari, kerja diMalaysia

    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada KH.Fhatulla Harun, saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun diMalaysia,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya mbah ini, juga sudah lama mendengar nama besar KH.Fhatulla Harun,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran 4478 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan,angka yg diberi KH.Fhatulla Harun 4478 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar diMalaysia, tidak ada ongkos pulang,terus beliau bantu kasih angka 4478 setelah saya bantu mahar yg dibutuhkan.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan Kemarin, ternyata tembuss….!!!
    dapat BLT 250jt, sekali lagi terima kasih banyak KH.Fhatulla Harun, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat KH.Fhatulla Harun,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik KH.Fhatulla Harun.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    YANG MAU SEPERTI SAYA HUB:KH.Fhatulla Harun DI:085217085317

    ATAU KUNJUNGI SITUS BELIAU KLIK=> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semogah Jadi Pemenang Berikutnya, Aamin . Wassalam.

    BalasHapus