KEADAAN MASYARAKAT JAWA BARAT

                Hola ! kali ini gue bakal ngebahas tentang keadaan masyarakat  di Jawa Barat. Jadi bagi  yang di tinggal Jabar tapi belum tau gimana keadaan masyarakat  di Jabar bakal gue jelasin disini, hayu Cekidot wae…..
  
                “Silih asah, silih asih, silih asuh” pasti kata-kata itu sudah gak asing lagi kan di telinga kalian? Yup itu adalah filsafat hidup yang dianut mayoritas penduduk Jawa Barat. Filosofi ini mengajarkan manusia untuk saling mengasuh dengan landasan saling mengasihi dan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Jabar itu berbeda dengan masyarakat lain yang ada di Inonesia karena penduduk asli Jabar yang mayoritas berbahasa sunda ini sangat dipengaruhi oleh kondisi alam yang subur dan alami.
               
Selain akrab dengan alam dan lingkungannya dengan sesama manusia, masyarakat sunda juga dikenal dekat dengan Tuhan sang pencipta, seperti yang biasa kita liat di daerah yang masih sangat tradisional . Di jabar ini terkenal dengan masyarakat nya yang gemar memelihara dan melestarikan lingkungan atas inisiatif mereka sendiri lho. Nah ini contoh yang baik untuk kita nih anak muda supaya kita lebih peduli lagi dengan lingkungan tempat kita tinggal.
               
Karena keakraban masyarakat Jabar dengan Tuhan, menyebabkan masyarakat disini relative dikenal sebagai masyarakat yang religious. Mayoritas masyarakat di Jabar ini menganut agama Islam dan kemudian diikuti dengan agama lainnya. Kehidupan masyarakat yang harmonis antara sesama umat beragama di Jabar dapat kita lihat dari meningkatnya tempat beribadatan di Jabar. Jumlah Mesjid meningkat dari 43.005 pada tahun 2005 menjadi 50.339 pada tahun 2005, Gereja Kristen dari 1.536 menjadi 1.629, gereja Katolik dari 50 menjai 110, Pura/Kuil/Sanggah dari 24 menhadi 25 dan Vihara dari 171 menjadi 181.

                Nih gue kasih tau ya budaya di Jabar itu di dominasi sunda guys. Jadi adat tradisional yang penuh khasanah Bumi Pasundan menjadi cermin kebudayaan disini. Demi mempertahan kebuyaannya ini bahkan pemerintah Jabar membuat Perda yang mencantumkan pemeliharaan bahasa, sastra dan aksara daerah, kesian, purbakala dan sejarahnya, nilai-nilai tradisional dan juga museum sebagai bagian dari pengelolaan kebudayaan. Pariwisata berbasis kebudayaan yang menampilkan seni budaya Jabar, siap ditampilkan dan bernilai ekonomis.

               Oke masih ada satu informasi lagi nih yang mau gue bagi ke kalian tentang Jabar. Untuk melestarikan kebudayaan di Jabar pemerintah menetapkan 12 desa budaya, yaitu desa khas yang ditata untuk kepentingan melestarikan budaya dalam bentuk adat atau rumah adat. Desa-desa itu adalah :

(desa wisata Cikondang)


1.       Kampung cikondang, Desa Lamajang, Kecamatab Pangelangan, Kabupaten Bandung.
2.       Kampung Mahmud, Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.
3.       Kampung Kuta , Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis.
4.       Kampung Gede Kasepuhan Ciptagelar, Desa Sirnaresmi, Kecamatan  Cisolok, Kabupaten Sukabumi.
5.       Kampung dukuh, Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut.
6.       Kampung Pulo, Desa Cakuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.
7.       Kampong Adat Ciburuy, Desa Palamayan, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut.
8.       Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.
9.       Kampung Urug, Desa Kiarapandak, Kecamatan sukajaya, Kabupaten Bogor.
10.   Rumah Adat Citalang, Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta, Kebupaten Purwakarta.
11.   Rumah Adat Lengkong, Desa Lenhkong, Kecamatan Garangwangi, Kabupaten kuningan.
12.   Rumah Adat Panjilan,Desa Panjilan,Kecamata Sumberjaya, Kabupaten Majalengka.

Nah seharusnya nih ya kita sebagai generasi muda penerus bangsa itu lebih perduli sama kebudayaan yang kita punya. Terlebih lagi nih bagi kalian yang tinggal di Jabar ayo kita sama-sama membantu pemerintah dengan menjalankan Perda tentang pelestarian kebuyaan di Jabar. Jangan sampai nih ya di jaman yang semakin modern ini dan teknologi yang semalin canggih ini  kita jadi ngelupain tempat tinggal asal kita guys. Oke deh guys segini dulu ya untuk hari ini maaf kalau masih ada kekukarangan dan typo yang bertebaran dimana- mana. Semoga bermanfaat buat kalian semua. See you soon !! xD



Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. Pengakuan tulus dari: Wulandari, kerja diMalaysia

    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada KH.Fhatulla Harun, saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun diMalaysia,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya mbah ini, juga sudah lama mendengar nama besar KH.Fhatulla Harun,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran 4478 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan,angka yg diberi KH.Fhatulla Harun 4478 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar diMalaysia, tidak ada ongkos pulang,terus beliau bantu kasih angka 4478 setelah saya bantu mahar yg dibutuhkan.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan Kemarin, ternyata tembuss….!!!
    dapat BLT 250jt, sekali lagi terima kasih banyak KH.Fhatulla Harun, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat KH.Fhatulla Harun,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik KH.Fhatulla Harun.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    YANG MAU SEPERTI SAYA HUB:KH.Fhatulla Harun DI:085217085317

    ATAU KUNJUNGI SITUS BELIAU KLIK=> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semogah Jadi Pemenang Berikutnya, Aamin . Wassalam.

    BalasHapus