ADAT DAN NORMA SUNDA

Hola! oke pals ketemu lagi nih sama gue, masih dengan topic yang sama yaitu tentang Jawa Barat. Tapi kali ini gue bakal ngebas tentang adat norma sunda yang ada di Jabar. Karena jaman sekarang itu banyak banget nih anak muda yang gak tau tentang adat dan norma di Indonesia khusus nya Jabar. Berhubung gue tinggal di Jabar  maka nya gue mau kasih informasi tentang adat norma sunda guys. So let’s start to save the sundanese culture karena kalau bukan kita siapa lagi, oke gak usah banyak basa-basi lagi langung aja cekidot !

(suku Baduy luar)

                Bahasa merupakan identitas seseorang atau suatu bangsa makanya bahasa itu penting banget. Salah satu nya bahasa sunda yang merupakan bahasa yang biasa gunakan masyarakat di Jabar. Bahasa sunda dianggap sebagai bahasa baku (bahasa lulugu) yang bahkan diterapkan sebagai salah satu pelajaran yang wajib ada di sekolah-sekolah di Jabar ini. Selain bahasa sunda lulugu juga terdapat bahasa sunda wewengkon (dialek tempat) seperti di Banten, Cirebon, Bogor dan daerah lainnya.
                Tentunya sebagai orang sunda kita harus bangga sama bahasa kita yaitu bahasa sunda guys. Kita harus melestarikan bahasa kita, malu dong sama bule-bule diluar sana karena sekarang sudah banyak nih orang luar yang belajar bahasa daerah. Masa kita yang tinggal di daerah tersebut malah kalah sama mereka malu-maluin banget kan ya.
                Selain itu sebagai orang sunda sudah seharusnya kita mencintai kearifan budaya local yang memiliki estetika, etika dan norma-norma yang berlaku di dalam nya. Jangan Cuma pacar aja yang kalian cintai dan sayangi guys. Era globalisasi sudah masuk ke wawasan local dan dikhawatirkan ini dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat sunda teruma anak muda macam kita ini yang sering disebut ababi (anak abg labil) yang ikutan-ikutan temen biar di bilang gaul. Yang buat kita lupa siapa kita dan dari mana kita berasal guys. Hal ini bisa diliat dari cara berpakaian, bahasa dan tingkah laku kita yang mulai kebarat-barat.
                Yang pertama adalah pakaian, sebagai orang timur sunda termasuk terhormat dalam cara berpakaian terutama wanitanya yang sudah sepantas nya memakai pakaian yang tertutup atau sopan, begitu pun dengan para lelakinya. Tapi bayak nih sekarang perempuan yang menggunakan pakain yang terbuka memamerkan paha, dada dan bagian lain yang seharusnya tidak di perlihatkan ke halayak ramai. Hal ini bisa kita di kota-kota besar di Jabar contoh nya bandung.
                Yang kedua adalah perilaku kita orang sunda yang terkenal ramah dan mudah bergaul dengan siapa pun. Disinilah kita harus kembali menciptakan kebiasaan orang sunda yang biasa menyapa siapa saja dengan sapaan “punten” yang dalam bahasa Indonesia artinya permisi. Namun sanagat di sayangkan budaya ramah tamah ini sudah mulai pudar guys. Karena sekarang ini udah banyak nih orang yang bahkan gak kenal sama tetangga nya sediri guys. Miris banget ya sebab kan kalau misal nya ada sesuatu yang gak diinginkan pasti tentangga yang diminta bantuan pertama kali.
                Oleh karena itu kita harus melestarikan kebudayaan kita ini yang sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. Ini merupakan investasi jangka panjang guys untuk kita dan generasi selanjutnya. Dan gak bosen-bosen nya gua bilang ke kalian let’s save the sundanese culture. Oke segini dulu dari gue sorry kalau masih banyak kekurangan dan typo yang masih bertebaran dimana-mana *maklum author baru hehehe….. semoga bermanfaat ya buat kalian. And see you soon !!



Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

  1. Pengakuan tulus dari: Wulandari, kerja diMalaysia

    Saya mau mengucapkan terima ksih yg tidak terhingga, serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada KH.Fhatulla Harun, saya sudah kerja sebagai TKI selama 5 tahun diMalaysia,dengan gaji lebih kurang 2.5jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim ortu di jawa, sudah lama saya mengetahui roomnya mbah ini, juga sudah lama mendengar nama besar KH.Fhatulla Harun,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu.tetapi kemarin waktu pengeluaran 4478 , saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan,angka yg diberi KH.Fhatulla Harun 4478 ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar diMalaysia, tidak ada ongkos pulang,terus beliau bantu kasih angka 4478 setelah saya bantu mahar yg dibutuhkan.mulanya saya tdk percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan Kemarin, ternyata tembuss….!!!
    dapat BLT 250jt, sekali lagi terima kasih banyak KH.Fhatulla Harun, saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke sukabumi.buat KH.Fhatulla Harun,saya tidak akan lupa bantuan& budi baik KH.Fhatulla Harun.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    YANG MAU SEPERTI SAYA HUB:KH.Fhatulla Harun DI:085217085317

    ATAU KUNJUNGI SITUS BELIAU KLIK=> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semogah Jadi Pemenang Berikutnya, Aamin . Wassalam.

    BalasHapus